Rabu, 27 Januari 2016

Tugas Softskill 3
Nama : Khusnul Khotimah
Kelas : 4pa11 (14512099)


SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

A. Desain Sistem Informasi Psikologi

Sistem informasi adalah kumpulan dari komponen dalam perusahaan atau organisasi yang berhubungan dengan proses penciptaan dan pengaliran informasi. Sistem informasi juga dapat didefinisikan sebagai suatu sistem yang menerima sumber data sebagai input dan mengolahnya menjadi produk informasi sebagai output. Selain itu menurut tokoh lain, sistem informasi adalah sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan startegi dari suatu organisasi dan . menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang dibutuhkanMenurut Erwan Arbie, Sistem informasi adalah sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, membantu dan mendukung kegiatan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu mempermudah penyediaan laporan yang diperlukan.

1. Merancang sistem untuk mengelola informasi dalam psikologi    
Psikologi sendiri berbicara tentang manusia, jika digabungkan, system informasi psikologi   mencakup, Hardwere, Softwere, People, Procedurs, Data dan Manusia. Hardwere dan softwere sebagai mesin sedangkan procedure dan manusia sebagai pelak, Dan data berfungsi sebagai jembatan dan keduanya system informasi bisa dimanfaatkan oleh pelaku psikologi untuk membantu mereka saat penghitungan skor dalam beberapa tes psikologi. 


2.  Menggunakan komputer sebagai alat bantu pengolah informasi dalam psikologi

Sistem Informasi Psikologi adalah kumpulan komponen data yang diolah dan disusun agar dapat memudahkan mempelajari disiplin ilmu psikologi (yang mempelajari perilaku dan berbagai proses mental). Dapat disimpulkan sistem informasi psikologi adalah suatu sistem yang mengubah berbagai macam data menjadi suatu informasi terkait dengan bidang psikologi untuk aplikasinya dalam bidang konseling seperti e-conselling, aplikasi dalam industri dan organisasi seperti software kumpulan tes psikologi, web yang memuat informasi tentang alat tes yang biasa digunakan oleh HRD, yang semua itu bertujuan memberi kemudahan pada penggunanya.


Sumber : 

Ahmadi, H. Abu. (2009). Psikologi umum (edisi revisi 2009). Jakarta: RINEK CIPTA.
psikologizone.blogspot.com/2011/02/definisi-psikolog-menurut-beberapa-ahli.html
Kadir, A. (2005). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.