Senin, 25 November 2013


INTRAPERSONAL

Artikel : psikologi dan internet dalam lingkup intrapersonal

Pendapat :  Intrapersonal merupakan komunikasi yang dihasilkan dari diri sendiri yaitu seperti pengenalan jati diri,hati nurani ,kehendak bebas,dan imajinasi yang diciptakan oleh pikiran alam bawah sadar ,komunikasi ini bekerja dengan melalui peroses stimulus lalu kedalam pikiran alam bawah sadar.baik positif maupun negatif

Kaitannya dengan online Personaal yaitu seseorang dapat kehilangan data privasinya karna hal – hal yang berkaitan dengan kehidupan pribadinya sering kali mereka posting ,baik itu berupa foto ataupun video pribadi,ini dikarnakan tingkat candu mereka mengenai online personal,bahkan dapat menimbulkan perkelahian dikarnakan salah paham mengenai postingan status yang mereka publish adanya pihak yang merasa tersindir karna hal tersebut jika ini terus berlanjut maka dapat mengakibatkan dampak negative karna dunia cyber begitu luas dan siapapun dapat menggunakannya contohnya : Cyber stalking ,menyebabkan orang asing dapat yang berniat jahat dapat melakukan tindakan jahat pada mereka ,.

Ini menimbulkan dampak pada emosi yang tidak terkontrol ,dapat menimbulkan kecaduan (addiction)  dan mengabaikan kehidupan sosial mereka .lupa waktu dan aktifitas kehidupanya.

Hal tersebut perlu pemantauan khusus bagi orang tua untuk memantau anak mereka agar penggunaan internet digunakan sewajarnya serta penggunaan untuk hal-hal yang positif.




2.INTERPERSONAL:


Pendapat : Interpersonal merupakan suatu komunikasi interaksi antara dua oarang atau lebih didasarkan pada emosi ,ketertariak,kecocokan,kesamaan minat ,meliputi keluarga, teman ,kekasih, tetangga dsb.

Seiring berkembangnya jaman komunikasi interpersonal tidak hanya dapat dilakukan dengan tatap muka tetapi juga melalui online personal yaitu  menggunakan media sosial seperti twitter,facebook,ym  yang dapat dilakukan tanpa batas ruang dan waktu .

Komunikasi interpersonal melalui  media sosial ini juga terdapat dampak negative nya karna dalam dunia maya seorang netter  dapat menggunakan identitas palsu contohnya di facebook seperti single padahal kenyataannya orang tersebut sudah menikah.hal ini bisa bertujuan untuk  memudahkan sesuatu, tidak ada jaminan komitmen dalam dunia maya seseorang bisa saja melakukan perjanjian lalu tiba- tiba menghilang dengan menutup account  pribadinya.

Komunikasi interpersonal melalui  online personal  juga dapat menimbulkan prilaku negative  contohnya saja seperti perselingkuhan ,sesorang dikehidupan nyata memiliki pasangan istri atau suami juga memiliki kekasih didunia maya,si pria memilik account facebook dan si istri tidak,tanpa si pengetahuan istrinya si suami memasang status single ,sehingga si pria tersebut memiliki kesempatan menjalin hubungan dengan wanita lain.


http://sluhur.blogspot.com/2012/10/fenomena-interpersonal-di-internet.html


3. TRANSPERSONAL

Artikel : Psikologi internet dalam Lingkup Transpersonal

Pendapat :Kata transpersonal  berasal dari kata trans yang berarti melampaui dan persona berarti topeng. Secara etimologis, transpersonal berarti melampaui gambaran manusia yang kelihatan. dengan kata lain, transpersonal berarti melampaui macam-macam topeng yang digunakan manusia. Maksud dari melampaui persona adalah menjadi manusia yang mampu melewati topeng-topengnya sendiri, mampu mengelola energi dari topeng-topeng tersebut, mampu mengaktualisasikan potensi aslinya (potensi ilahiah) seperti altruisme (suka menolong), bersyukur, cinta, beriman kepada Tuhan, aktualisasi diri, hidup dengan sepenuh hati (memiliki tujuan untuk hidup bermakna).

Manusia dan Internet merupakan sebuah interaksi yang sangat melekat pada masa kini, teknologi internet sangat mempengaruhi perilaku manusia, Penggunaan internet sebagai salah satu cara untuk mengurangi loneliness . pada individu yang mengalami loneliness apabila ia banyak menghabiskan waktu banyak waktu sendirian di depan komputer baik di kantor maupun dirumahnya maka orang tersebut akan menyediakan waktu lebih sedikit untuk hubungan tatap muka di dunia nyata dan mengurangi kesempatannya untuk berinteraksi dengan orang lain.



Internet addiction oleh Young (dalam Tuapattimaja & Rahayu) diungkapkan sebagai sebuah syndrome yang ditandai dengan menghabiskan banyak waktu dalam menggunakan internet dan tidak mampu mengontrol penggunaannya saat online, orang-orang yang menunjukkan syndrome ini akan merasa cemas, depresi,atau hampa saat tidak online di internet serta menyebabkan korbannya mulai menyembunyikan tingkat ketergantungannya terhadap internet tersebut.



Maka itu kecanduan internet dapat menghambat Transpersonal seseorang,karna seseorang yang sudah melekat pada penggunaan internet dan ,merasa dapat memenuhi keinginan mereka otomatis berdampak pada aktualisasi diri mereka , mereka lupa untuk beriman dan bersyukur pada tuhan dan agama,mereka tidak dapat menunjukan dan meningkatkan potensi diri mereka pada khayalak umum atau pada dunia nyata mereka, dan lupa untuk peduli terhadap orang lain, karna terhambat dan diri sibuk pada dunia maya.ini sangat tidak baik apabila terus berlanjut dan berdampak negative pada kehidupan selanjutnya.




Jumat, 01 November 2013

Ku tatap mata itu ,hati ku berdecak ,apakah artinya ini ?
Ku dengar suaranya yang lembut seolah menyentuh hatiku .
Aku berharap waktu tak cepat berlalu,mata itu ,suara itu bisa kah lebih lama lagi

dan ku tersadar dalam lamunan ku tentang nya,ya tentang dia ,seorang yang dapat menimbulkan rasa itu jantungku,seperti gemuruh ombak,aku tidak dapat mengisyaratkanya seperti apa rasa ini, sakit ataukah bahagia,

aku tak mampu menyatakan semuanya,terasa sulit,kau dekat begitu dekat ,tetapi bibir ini diam seribu bahasa,mengapa sulit, aku berfikir kau tak ingin mendengarnya.aku takut kau akan jauh bila mengetahuinya, aku ingin tetap seperti ini kau selalu disampingku ,ya memang tak ada yang spesial tetapi bagiku berdua denganmu sudah cukup.

Aku takut ini akan berakhir,kau tau ? betapa bahagianya bila mimpi indah ini bukan hanya aku yang memilikinya tetapi juga kau.
Aku memiliki banya mimpi yang ku lukiskan setiap malam nya,entah sudah berapa kanvas yang kuhabiskan , kau tau ? aku ingin seperti matahari yang tak berhenti menerangi bumi.menemanimu terus menemanimu ,aku tak ingin berfikir cerita kita berakhir.