Minggu, 13 Oktober 2013


          A.   Pendahuluan

Perkembangan Iptek sudah sangat berkembang bahkan menjadi suatu kebutuhan untuk masyarakat  seperti ,bisnis,pendidikan,transaksi perbankan melalui internet juga dapat dilakukan. tidak hanya hal tersebut internet juga dapat digunakan sebagai sarana informasi dan komunikasi seperti melalui yahoo messanger , twitter dan facebook. Yang dapat mempercepat dan mempermudah pekerjaan kita.

 Selain dapat mempermudah pekerjaan internet juga dapat mempermudah dalam berinteraksi dengan kerabat kita serta mencari penghasilan tambahan seperti berdagang secara online bahkan sekarang melalui internet masyarakat juga dapat melakukan tes psikotes , sebelumnya psikotes hanya dapat dilakukan pada saat moment- moment tertentu tetapi sekarang psikotes dapat dilakukan kapanpun dan lebih mudah dan efektif  melalui internet dibandingkan secara langsung tanpa harus menunggu moment tertentu.


B. Teori

Psikotes merupakan suatu wadah atau sarana untuk mengukur suatu kemampuan dan kepribadian satu individu baik secara tertulis , visual maupun verbal yang dibuat dan diberikan oleh psikolog , psikotes bukan hanya diberikan oleh seorang pelajar saja tetapi juga  berbagai kalangan . psikotes berbentuk pertanyaan-pertanyaan untuk mendapatkan jawaban  dari pertanyaan tersebut untuk menganalisis kemampuan seperti menganalisa intelegensi, kreativitas dan prestasi, kemudian menganalisa kepribadian seperti menempatkan dimana letak minat, baka seseorang juga fungsi neurologis 

Contoh gambaran psikotes dalam internet seperti :


http://soal-psikotest.com/contoh-soal-psikotes-online/

http://soal-psikotest.com/contoh-soal-psikotes-online/      
http://soal-psikotest.com/contoh-soal-psikotes-online/       




Jenis – jenis psikotest :
1. Tes IQ: biasanya contoh soal-soal ini dapat mudah didapatkan di toko buku. Tes kecerdasan ini melibatkan serangkaian soal matematika dalam istilah tesnya tes verbal dan non verbal. Angka dan bahasa merupakan bagian dari tes ini. Jika Anda senang dengan teka teki silang dan hitungan secara cepat maka Anda beruntung bisa lulus. Namun tes IQ memang dibuat standar agar bisa dilakukan setiap orang.

2. Tes Kepribadian. Di dalam tes ini Anda akan dihadapkan kepada serangkaian pertanyaan mengenai berbagai dilema dalam pekerjaan, seperti bagaimana menghadapi konflik, bagaimana bekerja sama dan bagaimana solusi jika menghadapi suatu dilema. Dari sini dapat dikaji, seberapa jauh kemampuan Anda bekerja dalam tim dan apakah Anda termasuk orang yang “hangat” dalam pergaulan dan tidak “kaku”.

3. Tes Kemampuan. Anda akan diuji serangkaian tugas di bawah tekanan tinggi, apakah Anda masih bisa melakukannya. Biasanya tes kemampuan ini mengkondisikan Anda dalam suasana penuh tekanan tetapi harus menyelesaikan soal dengan cepat. Bisa bentuknya angka atau permainana kata-kata. Bisa pula berupa grafik dan bentuk-bentuk tiga dimensi.

4. Tes Kreatifitas. Biasanya Anda akan diminta menulis atau menggambarkan sesuatu. Pada salah satu tes Anda diminta melanjutkan gambar dari enam kotak yang sudah ada. Lanjutkan dengan ilustrasi yang baik semaksimal mungkin. Satu lagi tes final biasanya Anda diminta menggambar. Saya sarankan gambarlah orang yang sedang aktif bertindak, misalnya sedang lari sehingga terlihat aktif. Kata psikolog, orang yang seperti itu termasuk dinamis dan kreati




C. Analisis
Dengan menggunakan psikotes kita bisa memahami kelebihan dan kepribadian, potensi, intelektual dan  mengetahui penempatan pekerjaannya. Psikotes internet atau melalui online ini bisa dikatakan sangat efesien karna dapat di jangkau lebih mudah bagi perusahaaan dalam merekrut dan menyeleksi karyawan. dengan cara melihat grafis tes calon karyawan .


Kelebihan psikotes dalam internet ini adalah , kita bisa lebih rileks dalam mengerjakanya,karna tidak merasa tertekan dan gugup seperti psikotes secara langsung atau manual sehingga hasil nya pun lebih memuaskan karna kita dalam kondisi yang tenang.


D.Referensi 

 


0 komentar:

Posting Komentar