Jumat, 22 Maret 2013


Nama :Khusnul khotimah
Kelas :1PA11
SOFTSKILL MAT & IAD

 
A.  Perkembangan alam pikiran manusia
               Manusia memiliki alam pikiran yang dapat berkembang seiring dengan meningkatnya pertumbuhan manusia dari bayi hingga usia dewasa yang mengakibatkan muncul rasa ingin tahu..
 Freud membagi proses pikiran manusia ke dalam tiga alam pikiran, yaitu pikiran sadar (conscious) pikiran prasadar (preconscious), dan pikiran tak sadar (unconscious). Kondisi pikiran manusia selalu berada pada ketiga kondisi tersebut dengan bergantian. Dari ketiga kondisi pikiran itu, kemudian Freud mengenalkan istilah adanya alam bawah sadar (subconsciuous) dalam pikiran manusia.alam bawah sadar inilah, menurut Freud, yang mengendalikan sebagain besar perilaku manusia. Manusia memiliki dua macam alam pikiran, yaitu perkembangan alam pikiran manusia sejak dilahirkan sampai akhir hayatnya dan perkembangan alam pikiran manusia, sejak zaman purba hingga dewasa.

1.    Perkembangan Alam Pikiran Manusia Sejak Dilahirkan Sampai Dewasa
                  Alam pikiran bayi yang baru dilahirkan, mengalami perkembangan yang hampir serupa dari zaman ke zaman. Ketika bayi tumbuh menjadi anak kecil yang mulai bisa mengamati lingkungan, muncul bermacam-macam pertanyaan didalam pikirannya. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, anak kecil mengadakan penyelidikan sendiri atau bertanya kepada ibu, ayah, kakak serta orang yang ada dilingkungan hidupnya.alam pikiran anak dapat berkembang cepat tetapi Rasa ingin tahu seorang anak akan melemah, apabila orang-orang disekelilingnya sibuk dengan kegiatanya sendiri

B.  Bagaimana manusia selalu berusaha memuaskan keingintahuanya ? 
                        Rasa ingin tahu merupakan suatu kebiasaan yang tak bisa lepas dari sifat manusia dan merupakan ciri khas dari pola pikir manusia, manusia memiliki pengetahuan yang didapatnya dari akal budi dengan peroses belajar ,hingga apabila menemukan sesuatu yang baru maka munculah daya tarik hingga rasa keingintahuanya muncul

Manusia merupakan makhluk yang dikatakan sempurna karna berbeda dengan makhluk lain, manusia memiliki akal budi  dan dari akal budi ini manusia menjalankan peroses belajar dan menyerap pengetahuan dan tentunya diterapkan dalam kehidupanya,setiap manusia menemukan hal baru maka munculah stimulus-stimulus yang disalurkan kealam pikiran manusia ,sehingga timbulah daya tarik untuk mengetahui nya  lebih dalam dapat juga membangkitkan semangat yang lebih mengebu-gebu untuk memecahkan persoalan. akal budi itu juga menimbulkan rasa ingin tahu yang selalu berkembang. Dengan kata lain, rasa ingin tahu itu tidak pernah dapat dipuaskan.

jadi  pada dasarnya setiap orang memiliki rasa ingin tahu, meskipun kekuatan atau intensitasnya berbeda beda dan bidang minatnyapun  berbeda-beda. Rasa ingin tahu sebetulnya diperkuat ataupun diperlemah oleh lingkungan sekitar.rasa ingin tahu tiap manusia tidak pernah sama , demikian pula kelompok fenomena yang menimbulkan rasa ingin tahu biasanya berbeda-beda dan sewaktu waktu berubah-ubah sesuai keadaan.karna tidak mungkin setiap orang memiliki rasa ingin tahu yang sama kuat terhadap segala fenomena yang terjadi dari alam.

SUMBER :
http://dwihandaru.blogspot.com/2012/03/cara-manusia-memperoleh-pengetahuan.html 

0 komentar:

Posting Komentar